Friends

like this yoo

Tentang PLTN (nuclear power plants)

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR 
     (nuclear power plants)



Skema PLTN dengan Nuclear Power Plant Turbin dan Generator.

Air yang panas menggerakkan kincir, sama seperti prinsip reaktor nuklir, uranium yang memiliki reaksi berantai menggerakkan reaktor untuk menghasilkan energi.


Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik.

Reaktor nuklir yang pertama kali membangkitkan listrik adalah stasiun pembangkit percobaan EBR-I pada 20 Desember 1951 di dekat Arco, IdahoAmerika Serikat. Pada 27 Juni 1954, PLTN pertama dunia yang menghasilkan listrik untuk jaringan listrik (power grid) mulai beroperasi di ObninskUni Soviet. PLTN skala komersil pertama adalah Calder Hall di Inggris yang dibuka pada 17 oktober 1956

PLTN termasuk dalam pembangkit daya base load, yang dapat bekerja dengan baik ketika daya keluarannya konstan (meskipun boiling water reactor dapat turun hingga setengah dayanya ketika malam hari). Daya yang dibangkitkan per unit pembangkit berkisar dari 40 MWe hingga 1000 MWe. Unit baru yang sedang dibangun pada tahun 2005 mempunyai daya 600-1200 MWe.


Di Amerika, PLTN adalah sumber energi terbesar yang digunakan dalam pembangkitan listrik. Dalam skala 1 : 5 untuk sektor perumahan dan bisnis. Uranium sebagai bahan baku dimbodifikasi menjadi bentuk pellet yang nantinya akan memanaskan air dan menghasilkan listrik.

Penambangan dan Pemurnian Uranium

BijihUranium - LarutanUranium - hexafluoride -Gas - Solid.




Uranium dikemas dalam bentuk pelet.







Energi Nuklir berasal dari Fisi.







Pemisahan Atom Splitting Atoms melepaskan  Neutron dan menghasilkan panas



REAKTOR AIR BERTEKANA



Keuntungan PLTN
  • Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca (selama operasi normal) - gas rumah kaca hanya dikeluarkan ketika Generator Diesel Darurat dinyalakan dan hanya sedikit menghasilkan gas)
  • Tidak mencemari udara - tidak menghasilkan gas-gas berbahaya sepert karbon monoksida, sulfur dioksida, aerosol mercury, nitrogen oksida, partikulate atau asap foto kimia.
  • Sedikit menghasilkan limbah padat (selama operasi normal)
  • Biaya bahan bakar rendah - hanya sedikit bahan bakar yang diperlukan
  • Ketersedian bahan bakar yang melimpah - sekali lagi, karena sangat sedikit bahan bakar yang diperlukan
  • Baterai nuklir 

Kekurangan PLTN

Resiko kecelakaan yang tinggi.
Limbah Radio aktif yang berbahaya.

untuk mendownload slide nya klik disini

salam damaiku,,,,,,,,,










Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tentang PLTN (nuclear power plants)
Ditulis Oleh sulis tiyono
Jika copy paste harap sertakan alamat kami Tentang PLTN (nuclear power plants) ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Salam Damaiku

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More